digital marketing

Panduan ini berisi semua informasi yang Anda butuhkan untuk memulai digital marketing.

Jadi, jika Anda menginginkan lebih banyak prospek yang datang dari online, Anda berada di tempat yang tepat.

Tetap baca…

Apa itu Digital Marketing

Digital marketing mengacu pada kategori luas periklanan menggunakan medium Internet.

Banyak pemasar tradisional mulai beralih ke digital marketing karena cenderung berbiaya jauh lebih murah. Banyak ruang iklan online yang bebas digunakan. Setiap orang dapat mengupload video ke website jejaring sosial seperti Youtube atau memulai blog tanpa biaya sama sekali di Tweeter, Facebook ataupun Instagram. Membayar desainer web untuk membangun landing page dan membayar slot iklan di Google Ads menjadi pilihan efektif dan efisien bila dibanding kampanye iklan televisi.

Internet juga menghadirkan peluang baru yang menarik bagi bisnis untuk memprofil pelanggan mereka. Internet menyederhanakan pekerjaan untuk melacak, menyimpan, dan menganalisis data tentang demografi pelanggan, preferensi pribadi, dan perilaku online. Data ini dapat diolah kembali oleh pengiklan untuk memberikan pengalaman iklan yang lebih personal dan relevan bagi target pelanggan.

Jenis Digital Marketing

  • Display Advertising – Penggunaan iklan spanduk dan iklan grafis lainnya untuk memasarkan produk secara online.
  • Search Engine Marketing – Menggunakan mesin pencari untuk membantu menghubungkan pengguna dengan produk dan layanan yang paling mereka minati. Anda dapat membayar untuk menerima peringkat preferensial dalam daftar hasil pencarian.
  • SEO atau Search Engine Optimization – Cara gratis dan organik bagi bisnis untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari.
  • Social Media Marketing – Menggunakan situs-situs seperti Facebook dan Twitter untuk terhubung dengan pelanggan.
  • Email Marketing – Berkomunikasi dengan pelanggan melalui penggunaan email yang dirancang dengan cermat.
  • Referral Marketing – Menggunakan saluran internet untuk mendorong konsumen merekomendasikan produk kepada teman dan keluarga mereka.
  • Affiliate Marketing – Bekerja dengan bisnis lain untuk memudahkan konsumen berbelanja produk online.
  • Inbound Marketing – Meningkatkan kunjungan ke website perusahaan dengan menambahkan konten unik seperti blog, game, dan video tutorial.
  • Video Marketing – Menggunakan video untuk tujuan promosi.

Bisnis yang menjalankan Digital Marketing

Sebagian besar bisnis saat ini telah mengembangkan semacam presentasi online. Template gratis memudahkan untuk mengembangkan website yang terlihat profesional, dan profil jejaring sosial gratis dan dapat diakses oleh jutaan orang.

Bagi bisnis yang menjual produk di tingkat nasional atau internasional mendapat keuntungan terbesar dari digital marketing. Bayangkan sebuah bengkel mobil lokal. Mereka tidak memiliki insentif untuk mencoba dan terhubung dengan pelanggan di sisi lain negara. Website sederhana dengan jam buka tutup bengkel dan testimonial pelanggan mungkin sudah cukup sebagai informasi di website yang mereka butuhkan. Namun, penjual besar dalam pasar global harus menggunakan digital marketing secara agresif. Cara termudah untuk terhubung dengan basis pelanggan yang tersebar dengan cara yang hemat biaya adalah dengan melibatkan pengguna di Internet.

Contoh digital marketing inovatif

  • Absolut – Pembuat minuman keras merancang dua robot pembuat musik dan memposting antarmuka di website mereka yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan robot. Web ini menerima ratusan ribu klik selama masa kampanye.
  • Sony – Sony membuat antarmuka yang memungkinkan pengunjung web mereka untuk mengontrol pencahayaan di gedung kantor. Video merekam bangunan saat warna dan pola lampu berubah. Promosi ini dimasukan kedalam iklan untuk Sony TV baru dan menghasilkan lalu lintas tinggi ke website mereka.
  • Axe – Perusahaan perawatan pria mulai menawarkan panggilan bangun pagi melalui website mereka. Layanan ini bermanfaat sekaligus cara yang efektif untuk menciptakan citra merek.
  • Sixt – Perusahaan rental mobil Jerman datang dengan penggunaan inovatif untuk iklan Google; kecil, dua baris iklan yang muncul bersamaan dengan hasil pencarian. Alih-alih menggunakan teks, mereka menggunakan karakter untuk membuat gambar kecil mobil.
  • Burger King – Waralaba makanan cepat saji ini menawarkan burger gratis jika mereka mengirim alamat email dari sepuluh teman.
  • John Deere – Perusahaan membuat serangkaian video di mana merek traktor ikonik mereka dirancang ulang. Video itu ditonton ratusan ribu kali.

Strategi Digital Marketing?

Digital marketing menggabungkan berbagai strategi pemasaran, yang membutuhkan pemahaman pemasaran tradisional dan pemahaman tentang teknologi yang muncul. Pemasar harus memahami kekuatan dan kelemahan berbagai upaya pemasaran online saat mereka mengembangkan strategi pemasaran mereka, menganalisis aspek-aspek ini dengan membuat rencana pemasaran.

Pemasar harus memahami apa yang mereka jual dan siapa target pelanggan mereka. Strategi periklanan yang berbeda menarik bagi segmen populasi yang berbeda. Media sosial, misalnya, banyak digunakan oleh kaum muda, sementara pengguna internet yang lebih tua lebih banyak bergantung pada email. Analisis ekstensif riset pasar mengungkapkan memberi tahu informasi tentang apa yang diinginkan pelanggan dan di mana mereka berkumpul.

Begitu bisnis telah menentukan target audiens dan strategi umum, mereka harus mulai mengembangkan presentasi online mereka. Ini dapat melibatkan segala hal mulai dari menghasilkan video hingga membuat website. Infrastruktur teknologi di balik digital marketing sama pentingnya dengan pesan dan estetika. Perusahaan harus memastikan bahwa pesan pemasaran mereka dapat diakses oleh semua orang tanpa memandang teknologi yang mereka gunakan.

Setelah iklan muncul online, perusahaan melacak seberapa besar kesan yang mereka buat. Digital marketing memudahkan perusahaan untuk melacak seberapa sukses website mereka. Setiap kali iklan banner diklik atau video ditonton, informasi itu dikirim ke pemasar. Jika tujuan website terpenuhi, kampanye dapat dianggap sukses. Jika jumlah targetnya kurang, bisnis perlu memperbaiki strategi periklanan mereka.

Perhatikan contoh berikut, Kopi XYZ. Bisnis ini memiliki profil Facebook tetapi sangat sedikit pengikut. Untuk meningkatkan dampak dari upaya media sosial mereka, mereka menciptakan gambar profil baru dan desain halaman yang menarik. Kopi XYZ kemudian mengidentifikasi penentu tren di dunia kopi, dan mulai menargetkan mereka dengan posting Twitter dan Facebook untuk menyebarkan berita tentang merek mereka. Bisnis ini juga menggunakan kontes dan promosi online untuk menciptakan insentif bagi pengikut, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan lalu lintas 800%.

Karir di Digital Marketing

Social Media Marketing Manager

Apa yang mereka lakukan?

Social Media Marketing Manager merencanakan dan mengawasi cara perusahaan menggunakan media sosial. Mereka akan mengarahkan kampanye pemasaran menggunakan Facebook, Twitter, Youtube dan alat jejaring sosial lainnya. Tugas mereka adalah memaksimalkan potensi teknologi saat ini sambil mencari teknologi baru yang menjanjikan di masa depan.

Pendidikan / Pengalaman

Sebagian besar Social Media Marketing Manager memiliki gelar dalam pemasaran dengan fokus khusus pada pemasaran media digital dan baru. Mereka perlu memahami percakapan unik yang terjadi di media sosial dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka. Pengalaman pribadi yang luas menggunakan media sosial adalah wajib.

Digital Marketeer

Apa yang mereka lakukan?

Digital Marketeer adalah tangkapan semua istilah yang merujuk pada pengiklan mana pun yang mengarahkan fokus mereka secara online. Mereka akan bertanggung jawab atas semuanya, mulai dari mengirim posting ke IG, Facebook, dsb, merancang iklan spanduk, dan mengarahkan lalu lintas ke video online. Digital Marketeer yang berpengalaman menggunakan setiap dan semua alat online untuk mempromosikan pesan bisnis.

Pendidikan / Pengalaman

Digital Marketeer harus memiliki gelar sarjana dalam pemasaran. Profesional yang lebih berpengalaman sering memiliki sertifikasi di bidang digital marketing. Siapa pun yang bekerja di bidang ini harus menjadi skill dalam teknologi dan budaya web.

SEO Specialist

Apa yang mereka lakukan?

SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. SEO Specialist memaksimalkan peluang bahwa produk dan layanan perusahaan akan ditemukan oleh pengguna yang melakukan pencarian di internet. Mereka memahami algoritma yang memandu hasil pencarian dan cara memanipulasi mereka untuk keuntungan perusahaan. Tugas mereka membutuhkan kecakapan kreatif dan teknis.

Pendidikan / Pengalaman

SEO Specialits tidak diharuskan memiliki gelar dalam pemasaran, tetapi gelar mungkin bisa sangat membantu. Sebagian besar tanggung jawab mereka melibatkan peningkatan kesadaran merek sama seperti pemasar tradisional mana pun. Beberapa profesional memasuki bidang setelah menerima gelar dalam bahasa Inggris atau komunikasi. SEO Specialits harus memahami sifat unik dari mesin pencari online.

Konklusi

Sebagian besar strategi dominan yang digunakan dalam digital marketing hanya dibuat dalam dekade terakhir. Iklan online hampir selalu mengalami perubahan dan evolusi. Melakukan kampanye digital marketing yang sukses tergantung pada pemasar yang dapat beradaptasi dan tumbuh dengan Internet.